Windows 10 Redstone 3 Dilengkapi Fitur Power Throttling

Sebenarnya fitur ini sudah pernah ditanamkan di build insider Windows 10 Creators Update, tetapi masih sebatas pengujian dan tidak disertakan di versi finalnya. Nantinya fitur Power Throttling ini bakal disertakan di update mayor Windows 10 selanjutnya, yaitu Windows 10 Redstone 3.

 

Apa itu Power Throttling

Power Throttling adalah fitur manajemen resource terbaru di Windows 10 untuk menjadikan Windows lebih efisien dan hemat baterai. Power Throttling ini akan ditanamkan di Windows 10 Redstone 3, yang kini sudah bisa kamu coba melalui build Insider terbaru.

 

Cara Kerja Power Throttling

Ketika kamu membuka banyak aplikasi di Windows secara multitasking, berbagai aplikasi yang berjalan mengkonsumsi banyak resource power dan CPU — membuat baterai laptop / tablet Windows lebih cepat habis seiring dengan semakin banyaknya aplikasi yang dibuka.

Namun hal tersebut tidak akan terjadi dengan ditanamkannya fitur Power Throttling ini.

Dengan Power Throttling, Windows secara cerdas akan mendeteksi aplikasi apa yang sedang kamu gunakan dan mana yang paling penting untuk task yang kamu kerjakan. Windows kemudian mengalokasikan mayoritas resource CPU dan power untuk aplikasi dan proses tersebut, sedangkan aplikasi lain akan diperlakukan dalam mode background dengan alokasi CPU dan power yang minimal.

Windows 10 Redstone 3 Dilengkapi Fitur Power Throttling, Apa Itu?

Hasilnya baterai akan lebih hemat, dan resource CPU tidak habis dikonsumsi oleh aplikasi yang tidak sedang aktif kamu gunakan.

 

Manfaat Power Throttling

Dengan adanya manajemen power dan resource CPU di Power Throttling ini, baterai laptop dan tablet kamu bakal lebih awet tanpa terlalu mengurangi performa saat kamu gunakan.

Dari hasil pengujian awal Microsoft di build Insider, diperoleh penghematan baterai hingga 11% dengan Power Throttling. Tentu Microsoft masih terus mengembangkan fitur ini dan di versi final nanti diharapkan bisa lebih efisien lagi dalam melakukan pengematan baterai dan manajemen resource.

 

Settings Power Throttling

Power Throttling nantinya bisa kamu atur langsung melalui Action Center Windows 10. Kamu bisa mengatur slidernya ke kiri untuk untuk penghematan baterai maksimal, di tengah (recommended), atau ke kanan untuk performa terbaik tetapi dengan keawetan baterai paling minimum.

Windows 10 Redstone 3 Dilengkapi Fitur Power Throttling, Apa Itu?

Mengingat fitur ini lebih cerdas daripada fitur Power Options di Windows saat ini, bisa jadi Power Throttling akan menggantikan fitur tersebut.

 

Masih Terus Dikembangkan

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, Power Throttling masih dalam tahap pengembangan dan sudah bisa kamu coba di build insider Redstone 3 terbaru.

Saat ini Power Throttling hanya support di Prosesor Intel dengan teknologi Speed Shift yang tersedia di Intel generasi ke-6 atau yang lebih baru. Namun Microsoft berjanji akan memperluas fitur ini bagi prosesor lain dalam beberapa bulan kedepan.

Itulah dia ulasan seputar fitur Power Throttling yang akan ditambahkan di update mayor Windows 10 Redstone 3. Perlu diingat bahwa Windows 10 saat ini diperlakukan Microsoft sebagai sebuah layanan — bukan sekedar software. Jadi pastikan kamu terus update Windows 10 kamu agar tidak ketinggalan berbagai fitur baru dan optimasi yang terus ditanamkan oleh Microsoft secara berkala.


Source: WinPoin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s