Komputer kuantum IBM Q Jauh Lebih Canggih dari Semua Komputer Saat Ini

Pernah mendengar tentang komputer kuantum? Nampaknya tidak lama lagi era komputer bakal bergeser dari komputer konvensional ke komputer kuantum. Komputer yang kita kenal saat ini bakal segera disebut sebagai komputer klasik, komputer tradisional, dan komputer kuantum-lah yang menjadi masa depan — setidaknya itulah yang tengah disiapkan oleh IBM, Google, dan Microsoft.

Komputer kuantum berbeda dengan komputer konvensional saat ini. Jika komputer saat ini menggunakan digit binary (bits), komputer kuantum menggunakan quantum bits. Secara teori komputer kuantum bisa melakukan kalkulasi dan menyelesaikan proses dengan jauh lebih cepat. Bahkan, komputer kuantum bisa menyelesaikan masalah yang terlalu kompleks untuk diatasi oleh komputer saat ini.

 

Google labs saat ini tengah mengembangkan AI yang berbasis komputer kuantum, Microsoft juga baru saja menyewa banyak peneliti untuk mengembangkan komputer kuantum versi mereka sendiri, dan Alibaba juga tengah bekerja sama dengan akademi science China untuk membangun lab quantum computing.

Menariknya, IBM bahkan sudah berencana menjual komputer kuantum 5 tahun kedepan. IBM Q, itulah sebutan bagi komputer kuantum universal 50 qubits tersebut. Apa yang kira-kira bisa dilakukan oleh IBM Q? Lihat saja video teasernya berikut ini:

Tapi ya jangan dikira langsung dijual untuk konsumer rumahan ya, karena harganya pasti masih mahal banget dan kemampuannya juga terlalu berlebihan untuk kebutuhan rumahan. Saat dirilis nanti IBM Q akan dijual bagi kalangan bisnis dan science untuk membantu mereka menyelesaikan berbagai permasalahan kompleks melalui teknologi komputer kuantum.

Lagipula, IBM Q ini juga akan dikomersialkan melalui IBM Cloud Platform. Ini artinya infrastruktur komputer kuantum kemungkinan besar bakal ada di IBM, dan pengguna bisa mengakses dan menggunakannya melalui cloud.

IBM Q ini dipercaya bakal menjadi awal dikomersialkannya teknologi komputer kuantum, bahkan ini bisa menjadi awal dari pergeseran era komputing dari tradisional ke era kuantum — era dimana AI dimana-mana, dan mereka sudah amat sangat cerdas.


Source: WinPoin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s