17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

 

Sekarang adalah era smartphone, dan setiap orang yang masih menggunakan feature phone — atau yang seringkali disebut handphone jadul dianggap kurang gaul. Tetapi tahukah kamu bahwa ada banyak kelebihan feature phone yang tidak bisa dinikmati di smartphone?

Hemat Baterai

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Handphone lama rata-rata bisa menyala 2 – 6 hari dengan penggunaan normal. Tentu ini sangat berbeda dengan smartphone yang bahkan dalam satu hari harus melakukan charging beberapa kali.

Kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan low-bat, baik itu saat bertelepon lama ataupun saat melakukan perjalanan panjang.

 

Hemat Uang

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Handphone jadul memiliki harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan smartphone, meskipun itu adalah feature phone keluaran terbaru. Rata-rata kamu bisa menebus handphone tersebut dengan harga hanya ratusan ribu saja.

 

Tanpa Biaya Tambahan

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Berbagai kelebihan dan kekurangan smartphone biasanya membuat pemiliknya harus rela merogoh kocek lebih. Baterai yang cepat habis membuat banyak orang membeli powerbank, takut layar mulusnya tergores juga membuat sang pemilik membeli screenguard — yang terkadang harganya lebih mahal dari sebuah featured phone! Belum lagi kebutuhan untuk terus ON membuat sang pemilik berlangganan paket internet bulanan.

Dengan handphone jadul kamu tidak perlu mengeluarkan itu semua.

 

Tidak Membuat Kecanduan

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Pernahkah kamu mendapati seseorang yang terus saja melihat smartphone nya dimanapun dia berada? Mungkin dia sudah kecanduan smartphone — baik itu melalui game, sosmed, browsing, dsb. Feature phone aman dari pengaruh kecanduan seperti ini.

 

Hubungan Sosial Lebih Hangat

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Sudah bukan pemandangan asing lagi jika kita mendapati sebuah keluarga dalam satu ruangan, tetapi mereka tidak ngobrol satu sama lain karena sibuk dengan smartphone nya masing-masing.

Tidak hanya dalam hubungan keluarga, ketika hang out bersama teman-teman pun seringkali terjadi hal yang sama. Kita hanya ngumpul tetapi tidak saling ngobrol karena sibuk sendiri dengan smartphone nya masing-masing.

Pengguna feature phone tidak mengalami hal ini. Ketika bertemu dengan teman-teman atau keluarga, biasanya mereka aktif bercengkerama dan mengobrol dengan hangat.

 

Dalam Beberapa Kasus, Lebih Produktif

Smartphone memang dibuat untuk meningkatkan produktivitas, karena pengguna bisa melakukan pekerjaan dimanapun dan kapanpun secara mobile.

Namun dalam banyak kasus smartphone malah membuat orang tidak produktif. Facebookan pas di sekolah, ngegame waktu bekerja, dan berbagai aktivitas lainnya.

Keterbatasan fitur di feature phone yang hanya bisa untuk SMS dan telepon seringkali malah membuat orang lebih produktif dengan fokus pada pekerjaan dan aktivitas yang dia lakukan.

 

Lebih Awet dan Tahan Banting

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Sudah bukan rahasia lagi kalau smartphone jadul jauh lebih awet dan tahan banting dibandingkan smartphone kebanyakan. Firmware nya yang sederhana sangat tahan terhadap kerusakan software, dan bentuknya yang rigid seringkali membuatnya tetap berjalan normal meskipun terjatuh ke lantai berkali-kali.

 

Bentuk Tidak Membosankan

17 Kelebihan Handphone Jadul yang Tidak Bisa Kamu Nikmati di Smartphone

Kalau kamu perhatikan, bentuk smartphone saat ini terbilang monoton dengan layar lebar touchscreen berukuran kotak. Kalaupun ada inovasi paling-paling hanya di ujungnya yang rounded atau tajam, perbedaan warna, serta curved display yang baru populer akhir-akhir ini.

Hal itu sangat berbeda dengan feature phone yang bentuknya bervariasi, mulai dari slide, flip, kotak, panjang, dsb.

 

Mengetik Tanpa Harus Melihat Layar

Masih ingatkah kamu betapa mudahnya dulu kita mengetik di handphone jadul tanpa harus melihat layar karena sudah hafal dengan tombol-tombolnya? Kita bisa mengetik sambil ngobrol, nonton TV, bahkan sambil mendengarkan guru mengajar. *eh

Hal seperti ini sulit kita lakukan dengan smartphone yang hampir semuanya menggunakan keyboard touchscreen.

 

Tidak Terganggu Iklan

Terganggu dengan banyaknya iklan di aplikasi smartphone? Di feature phone kamu tidak akan mendapatkannya.

 

Aman dari Virus, Malware, ataupun Adware

Dulu memang ada beberapa kode-kode tertentu yang bisa mengganggu pengguna handphone jadul, tetapi untuk saat ini sang pembuat virus, malware, ataupun adware sudah fokus menyerang pengguna smartphone. Hasilnya pengguna feature phone bebas dari ancaman virus, malware, maupun adware.

 

Praktis

Tidak perlu lagi repot-repot memasang screenguard, backcase, cover, flip case, blah blah blah. Tinggal ambil saja dan kantongin. Feature phone memang praktis!

 

Tidak Crash atau Ngelag

Windows Phone sudah jarang sekali nge-lag, tetapi feature phone jauuuh lebih jarang lagi. Bahkan bisa dibilang dia tidak pernah nge-lag saat digunakan.

 

Mudah Diajarkan ke Orang Tua

Seberapa banyak diantara kamu yang harus bersusah payah mengajarkan cara menggunakan smartphone ke orang tua? Hmmm…daripada bersusah payah, coba belikan feature phone dan ajarkan. Dijamin dalam hitungan hari orang tua kamu langsung mahir menggunakannya.

Tidak Mudah Panas

Seberapa sering kamu merasakan smartphone menjadi panas karena telepon, bermain game, atau browsing dalam waktu lama? Pasti sangat sering.

Di feature phone a.k.a handphone jadul, kamu bisa telepon sepuasnya tanpa khawatir handphone menjadi super panas seperti yang sering terjadi di smartphone.

 

Tidak Mudah Kepencet

Entah kamu pernah mengalaminya atau tidak, tetapi saya sering ketika telepon menggunakan smartphone tiba-tiba kepencet tombol hold ataupun End call karena touchscreen tertempel di pipi.

Hal ini sangat jarang terjadi di feature phone yang kebanyakan memang menggunakan keypad alias tombol fisik.

 

Tidak Pusing Update dan Upgrade

Selain menyenangkan karena rutin mendapatkan fitur baru, tetapi terkadang melelahkan juga untuk melakukan update dan upgrade OS di smartphone. Kuota internet pun seringkali menjadi korban karena update OS maupun berbagai aplikasinya tidak jarang memiliki ukuran file yang besar.

Di handphone jadul, kamu tidak bakal pusing memikirkan update dan upgrade. Bahkan diu hampir semua kasus, kamu tidak akan diminta untuk update ataupun upgrade — sejak handphone tersebut baru sampe menjadi rusak.

 

Itulah 17 kelebihan handphone jadul yang sulit untuk bisa kamu nikmati di smartphone masa kini. Ada satu lagi sebenarnya yang terlewatkan, yaitu handphone jadul itu multi-fungsi — yaitu selain berfungsi sebagai handphone, di saat-saat terdesak kamu bisa menjadikannya sebagai senjata pertahanan untuk menimpuk orang-orang yang menjahati kamu, serius! 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s